Ini Makna Bismillah Yang Benar | Kajian Tasawuf Buya Syakur

2:08 AM
Banyak sekali di dunia ini yang mampu menghafal Alquran sebanyak 30 juz, bahkan bukan cuma dari kalangan orang dewasa, tapi dari kalangan anak-anak juga banyak yang bisa menghafalkannya.


Bahasa alquran sangatlah indah, tapi sangat sedikit sekali orang bisa memahami keindahan Alquran itu, kecuali abu bakar, beliau sampai menitikan air mata disaat membaca  Alquran karena keindahannya.

Kita harus bersukur hidup di zaman modern ini, yang semuanya bisa di lakukan dengan praktis, bahkan terjemahan alquran sudah tersedia untuk semua bahasa dunia, termasuk terjemahan dengan bahasa indonesia.

Tetapi kita harus lebih teliti jika kita mau membaca terjemahan Alquran dengan bahasa indonesia, karena setiap kalimat yang di transfer dari 1 bahasa ke bahasa yang lain, itu pasti maknanya akan mengalami perubahan.

Bahkan terjemahan alquran dari waktu ke waktu itu harus di revisi. 

Seperti yang banyak kita temui di dalam terjemahan alquran tentang kalimat 
 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 yang di terjemahkan : dengan menyebut nama allah yang maha pengasih dan maha penyayang.

Tentunya terjemahan ini perlu kita kaji kembali, apakah huruf "ب" di dalam bismillah itu benar bermakna "dengan" (استعانة)? atau ungkin huruf "ب" tersebut mempunyai makna yang lain, karena seperti yang kita ketahui huruf "ب" didalam bahasa arab itu mempunyai banyak sekali makna, ada yang menyebutkan sampai 36 makna, di antaranya " للقسم", huruf "ب" yeng bermakna "sumpah", contohnya "بالله." yang artinya "Demi Allah", Ada Lagi huruf  "ب" bermakna sabab (سببية) Contohnya:  بمسعادتك انجح artinya: sebanb Petolongan kamu saya selamat. ada lagi "ب" bermakna zaidah/tambahan (زئدة) Contohnya: وكفئ بالله شهيدا
artinya: cukup Allah Sebagai saksi. dan masih banyak makna-makna yang lain.


Dalam hal mini menurut pengasuh pondok pesantren cadangpinggan Dr, KH. Abdus syakur MA. bahwa huruf "ب" di dalam bismillah itu bermakna ATAS (قرينة).
sehingga " بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ" artinya : atas nama Allah yang maha pengasih maha penyayang.

Yang artinya setiap pekerjaan baik yang di dasari perintah allah maka itu adalah ibadah. untuk menyimak keterangan lebih lengkap silahkan anda lihat video di bawah ini:

Download Mp3 Ceramah Buya Syakur MA. DISINI!
 
Previous
Next Post »
0 Komentar